Minggu, 20 November 2016

Tugas 1 Pengantar Bisnis Softkill - Ilustrasi Pelayanan Service Center Honda


TUGAS PENGANTAR BISNIS
(SOFTSKILL)
ILUSTRASI PELAYANAN SERVICE CENTER HONDA




GADING NANDA                : KEPALA BENGKEL
TOMMY ILHAM                  : MONTIR 2
RANGGAS DHUHA P         : MONTIR 1
LEONARD CHRISTIAN     : COSTUMER 1
KARUNIA MAHESA           : COSTUMER 2
BINTANG PUTRI L             : KASIR 1
TRI HANDAYANI               : KASIR 2



Kegiatan 1
Customer 2 sedang mengendarai motornya, tiba- tiba di tengah jalan mesin mati total. Secara tidak disengaja costumer 2 bertemu dipersimpangan jalan dengan customer 1 yang kebetulan ingin service motornya.

Customer 2                  : “lah,ini kok motor gua mati sih.. “
Customer 1                  : “lah, motor lu kenapa?.”
Customer 2                  : “Gatau deh,tiba-tiba mati.”
Customer 1                  : “Mati?.”
Customer 2                  : “Habis bensin apa gimana tau,bentar gua cek dulu.”
   (mengecek  isi  bensin)
Customer 1                  : “Ada ga bensinnya?.”
Customer 2                  : “Ah,masih banyak kok. Kenapa yaa... “
Customer 1                  : “ Mesinnya kali.. Udah ayo cari bengkel.”
Customer 2                  : “Bengkel dimana?.”
Customer 1                  : “Udah ayo.. Ikut aja.”



Kegiatan 2
Customer 1 dan Customer 2 pun pergi mencari bengkel terdekat untuk service motor mereka ber 2

Customer 2                  : “Jauh ga bengkelnya?.”
Customer 1                  : “Bentar kok,depan ada belokan disitu tempatnya.”

Kegiatan 3
Setelah Customer 1 dan Customer 2 sampai di tempat bengkel,mereka pun menyampaikan keluhan kerusakan kepada montir.

Customer 2                  : “ Bro,motor gua mati nih.”
Montir 1                      : “Wah,kenapa kok bisa?.”
Customer 2                  : “Gatau, tiba-tiba di jalan mati.”
Montir 1                      : “Oh,yaudah gua cek dulu bang.”

Setelah mengecek motor customer 2

Montir 1                      : “Wah ini sih busi nya harus di ganti bang.”
Customer 2                  : “Oh,yaudah bang ganti aja sama yang bagus ya tapi.”
Montir 1                      : “Siap bang siap.”
Customer 2                  : “Ini bang temen gua juga mau ganti oli.”
Montir 1                      : “Yaudah ini sama ipul aja.”

Lalu montir 1 memanggil montir 2 untuk melayani keluhan dari customer 1

Montir 2                      : ”Ada yang bisa dibantu bang?.”
Customer 1                  : ”Ini bang saya mau ganti oli,kalau bisa yang mahal tapi berkualitas ya bang.”
Montir 2                      : “Oke siap bang di tunggu.”

Montir 1 dan 2 pun sedang mengerjakan bagiannya masing masing. Montir 1 bertugas menggantikan busi dan montir 2 pun bertugas menggantikan oli.

Kegiatan 4
Setelah motor customer 1 sudah diservice,lalu melakukan pembayaran administrasi
Customer Service 2     : “Selamat datang di Honda,ada yang bisa saya bantu?.”

Customer 1                  : “Tadi saya ganti busi sama service motor,kira kira berapa ya mba?.”
Customer Service 2     : “Totalnya 150 ribu.”
Customer 2                  : “Ini mba uangnya.”
Customer Service 2     : “Saya terima ya uangnya,Selamat datang kembali di Honda.”

Kegiatan 5
Customer 1 melunasi administrasi

Customer Service 1     : “Selamat datang di Honda,ada yang bisa saya bantu?.”
Customer 1                  : “Saya mau tanya,ganti oli berapa ya?.”
Customer Service 1     : “Sebentar saya cek dulu ya.” (melihat daftar pembayaran)
Customer Service 1     : “Totalnya 50 ribu.”
Customer 1                  : “Oke,ini uangnya.”
Customer Service 1     : “Terimakasih,selamat datang kembali di Honda.”

Kegiatan 6
Setelah motor customer1 diservice,beberapa hari kemudian customer 1 datang kembali ke bengkel tersebut. Ternyata motor yang ia service kembali mengalami kerusakan.

Customer 1                  : “Kemarin kan saya kesini untuk ganti oli ya,tapi begitu pemakaian 2     hari. Jalannya kok malah makin ga enak ya.”
Montir 2                      : “Wah,gatau bang.”
Customer 1                  : “Di cek lagi coba,kalo emang tetep gabisa,saya yang hadap atasan kamu

Kegiatan 7
Customer 1 pergi keruang kepala bengkel,karena merasa pelayanan yang diberikan sangat kurang.

Kepala bengkel : “ada apa ini pa keruangan saya?”
Customer 1       : “begini pak, sebelumnya maaf saya lancang langsung masuk ruangan bapak.    Beberapa hari yang lalu saya datang ke bengkel ini untuk service dan ganti oli. Begitu selesai service dan pemakaian 2 hari. Motor saya malah makin tidak enak di pakai jalan. Saya minta pertanggung jawabannya. Karena disini saya konsumen merasa di gurikan.”
Kepala bengkel : “sebentar saya panggil dulu customer service saya”
(kepala bengkel pun memanggil customer service untuk menayanyakan hal tersebut)
Kepala bengkel : “sekarang saya Tanya ke kalian, kemarin yang menangani motor bapak ini
montir siapa?’
Customer service 1 : “ipul pak”
Customer service 2 : “iya pak, ipul montir yang baru masuk itu”
(kepala bengkel pun memanggil ipul montir baru)
Kepala bengkel : “ipul apa benar kamu yang menangani motor bapak ini?”
Montir 2 : “iya pak benar”
Kepala bengkel : “lalu, bagaimana bisa kamu melakukan hal seperti ini, ini namanya kamu merugikan kantor dan juga merugikan konsumen, kalau kamu masih tetep seperti ini. Kamu saya berhentikan”
Montir 2 : “ iya pak, saya mengakui kesalahan saya. Saya lalai dalam bekerja. Saya janji saya akan bekerja lebih baik lagi. Dan saya akan memperbaiki kesalahaan saya “


Kepala bengkel pun memberikan service gratis kepada customer 1, karena ke lalaian pegawainya. Dan kepala bengkel pun menegur karyawn(montir) agar tidak mengulangi kesalahannya Karen dapat merugikan konsumen dan nama baik kantor.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar